Enter your keyword

post

Pentingnya Komunikasi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Komunikasi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

Pentingnya Komunikasi Pemasaran Dalam Dunia Bisnis

Kita sebenarnya perlu tau deh kalo sampai saat ini ternyata masyarakat di lingkungan kita masih ada yang menganggap bahwa Ilmu Komunikasi itu adalah ilmu yang biasa – biasa aj. Bahkan ada juga yang memandangnya dengan sebelah mata jika dibandingkan dengan Ilmu Pengetahuan lainnya.

Padahal tanpa kita sadari Ilmu Komunikasi itu memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan terutama dalam Dunia Bisnis, karena melalui komunikasi itu sendiri kita jadi lebih tau: bagaimana caranya mempromosikan produk dengan baik, mempresentasikannya, memasarkan, mempersuasi, bernegosiasi, dan masih banyak lagi kegiatan komunikasi lainnya yang diperlukan untuk mendapatkan keuntungan juga berbagai macam tujuan dari suatu bisnis tertentu.

Ada beberapa dasar dari Komunikasi Pemasaran yang bisa digunakan sebagai Variabel Pendukung dan Penentu Strategi Pemasaran produk sebelum kita memulai suatu bisnis. Tapi kali ini hanya akan dibahas pada Marketing Communication Mix atau Bauran Komunikasi Pemasaran dulu ya…

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong (2008:116), “Bauran Promosi (Promotion Mix) juga disebut Bauran Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Mix) perusahaan merupakan paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.”

Naah dari penjelasan tersebut berarti Bauran Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Mix) terdiri dari beberapa poin penting, seperti:

Periklanan (Advertising). “Periklanan (Advertising) adalah Semua bentuk terbayar presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang, atau jasa dengan sponsor tertentu.” Contohnya: TV, Majalah, Spanduk, dll.

Promosi Penjualan (Sales Promotion). “Promosi Penjualan (Sales Promotion) adalah Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan produk atau jasa.” Contohnya: Diskon, Kupon, Pajangan, dll.

Hubungan Masyarakat (Public Relations). “Hubungan Masyarakat (Public Relations) ialah Membangun hubungan baik dengan berbagai kalangan untuk mendapatkan publisitas yang diinginkan, membangun citra perusahaan yang baik, dan menangani atau menghadapi rumor, berita, dan kejadian tidak menyenangkan.” Contohnya: Siaran Pers, Sponsor, Acara Khusus, dll.

Penjualan Personal (Personal Selling). “Penjualan Personal (Personal Selling) adalah Presentasi pribadi oleh wiraniaga perusahaan untuk tujuan menghasilkan penjualan dan membangun hubungan pelanggan.” Contohnya: Presentasi Penjualan, Pameran Dagang, dan Program Insentif.

Pemasaran Langsung (Direct Marketing). “Pemasaran Langsung (Direct Marketing) adalah Hubungan langsung dengan konsumen individual yang ditargetkan secara cermat untuk memperoleh respons segera dan membangun hubungan pelanggan yang langgeng – penggunaan surat langsung, telepon, televisi respon langsung, e-mail, Internet, dan sarana lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen tertentu.” Contohnya: Katalog, Pemasaran Telepon, Kios, dll.

Beberapa poin di atas itu baru sebagian kecil pengetahuan yang bisa diambil dari pentingnya komunikasi pemasaran yaa… Semoga bermanfaat…

 

~ Hananti ~

 

 

 

 

 

Bagikan :

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

Add A Knowledge Base Question !

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?

Segera Daftarkan diri anda dan
Dapatkan Benefitnya !
KELAS SORE POLITEKNIK PAJAJARAN
* Kuliah dengan tetap bisa bekerja
* SPP murah dengan sistem bayar bulanan
* Mudah mengatur waktu tanpa kehilangan kualitas dengan ketersediaan pembelajaran online
* Lulus kuliah sekaligus siap berwirausahaan di era 4.0 melalui program intensif kewirausahan digital