Enter your keyword

post

Bahasa Pemrograman Yang Baik Untuk Dipelajari di tahun 2019

Bahasa Pemrograman Yang Baik Untuk Dipelajari di tahun 2019

Kebanyakan orang bingung ketika hendak mulai belajar bahasa pemrograman. Banyak pertanyaan yang terlintas dibenak orang ketika hendak memulai.”Apa yah bahasa yang mudah dipelajari?” , “Bahasa program apa yah yang sedang trend saat ini?” , atau “Bahasa mana yang harus saya kuasai kalau mau mudah bekerja?”

Jawabannya akan beragam, tergantung dari faktor mana kita melihat kondisi tersebut. Faktor seperti tingkat kesulitan, trend dan permintaan pasar adalah sebagian kecil dari banyak faktor penentu ketika hendak memilih bahasa pemrograman.

Dan dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa bahasa pemrograman yang mungkin dapat anda pilih sebagai referensi di tahun 2019.

1. JavaScript

Banyak survey yang mengatakan bahwa JavaScript adalah bahasa terpopuler dikalangan developer profesional. Berdasarkan data dari Stack Overflow’s tahun 2018, 71.5% dari para developer memilih JavaScript sebagai peringkat teratas bahasa pemrograman terpopuler. Fleksibilitas dari JavaScript adalah salah satu alasannya. JavaScript biasanya digunakan sebagai bahasa “frontend”. Framework seperti Angular, dan React adalah beberapa framework yang sering digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web. Tapi, tidak sedikit juga orang yang menggunakannya sebagai bahasa “backend”. Node.js adalah salah satu platform yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Harus diakui kalau JavaScript bukanlah golongan bahasa yang mudah dipelajari. Namun, seiring besarnya komunitas user dan developer, serta dukungan dari pihak industri seperti Google, Facebook dan Microsoft dalam berbagai bentuk, tentu hal ini akan mempermudah anda dalam proses belajar.

2. Python

Bahasa ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang di Indonesia. Semenjak rilis tahun 1991, perkembangan Python tidak sebesar bahasa lainnya. Namun beberapa tahun belakangan ini, Python menjadi bahasa dengan peningkatan pengguna paling cepat. Dapat terlihat dari banyaknya perusahaan besar yang menggunakan bahasa ini. Youtube dan Instagram adalah contoh dari web berbasis Python. Keunggulan Python adalah kemudahan bahasa serta library support yang baik. Komunitasnya pun cukup besar, memudahkan kita untuk saling bertukar ilmu. Jika anda pemula dalam dunia coding, Python mungkin dapat menjadi bahasa pertama yang dapat anda pelajari dengan cepat. Namun, karena pengguna Python di Indonesia belum sebesar di Eropa dan Amerika, mengakibatkan sedikitnya lapangan pekerjaan lokal yang membutuhkan ahli bahasa Python.

3. Java

Java adalah salah satu bahasa dengan jumlah pengguna terbesar. Java tergolong bahasa yang sangat stabil, yang membuat banyak perusahaan menggunakanya. Java biasanya digunakan untuk membangun aplikasi berbasi web. Namun belakangan ini, Java juga digunakan sebagai bahasa untuk membangun aplikasi berbasis Android. Android Studio adalah contoh platform berbasis Java yang dikembangkan Google. Besarnya pengguna Android membuat bahasa ini tetap menjadi pilihan bagi banyak developer. Hal ini yang membuat Java menjadi bahasa yang paling dibutuhkan didunia industri saat ini.

4. C/C++

C adalah salah satu bahasa tertua didunia pemrograman. Bahasa ini digunakan sebagai basis dalam membuat sistem operasi multi platform, user interface, aplikasi mobile dan bahasa mesin. Linux adalah contoh sistem operasi yang menggunakan C dalam membangun kernel Linux.

C++ adalah versi C dengan beberapa perkembangan dalam sistem orientasi objek. Banyak perusahaan menggunakan C++ karena bahasa ini memiliki performance yang baik dan dapat bekerja di kecepatan tinggi, Bahasa C++ banyak digunakan di industri finansial, game dan grafis. Banyaknya perusahaan yang masih mengadopsi bahasa C/C++ membuat bahasa ini tetap sebagai bahasa high-demand di lingkup industri.

5. Swift

Bahasa besutan perusahaan Apple ini memang dikhususkan untuk membangun aplikasi berbasis iOS. Seiring dengan persaingan sistem operasi Android dan iOS di pasar mobile gadget seperti smartphone yang semakin memanas, didukung pula dengan besarnya jumlah pengguna setia gadget berbasis iOS seperti Iphone, membuat Swift menjadi salah satu bahasa yang sangat dibutuhkan.

6. SQL

SQL adalah bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk membangun database. Didalamnya termasuk fungsi fungsi seperti storing, manipulasi data, retrieving data, dll.  SQL membantu kita untuk membangun database dengan efisien, presisi serta aman.  Tidak heran jika SQL menjadi salah satu bahasa dengan tingkat permintaan besar, serta salah satu dengan tingkat rata-rata besaran gaji terbesar diantara bahasa pemrograman lainnya.

Bagikan :

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.

Add A Knowledge Base Question !

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?

Segera Daftarkan diri anda dan
Dapatkan Benefitnya !
KELAS SORE POLITEKNIK PAJAJARAN
* Kuliah dengan tetap bisa bekerja
* SPP murah dengan sistem bayar bulanan
* Mudah mengatur waktu tanpa kehilangan kualitas dengan ketersediaan pembelajaran online
* Lulus kuliah sekaligus siap berwirausahaan di era 4.0 melalui program intensif kewirausahan digital